Selasa, 05 Juli 2011

RPP

<!--[if gte mso 9]> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SMP Tunas Bangsa

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam

Kelas/Semester : VIII/ I

Tema : Tawakal

Tahun Pelajaran : 2010/2011

Pertemuan ke : 3 (tiga)

Alokasi Waktu : 1 x 40 menit

A. Standar Kompetensi

Siswa mampu berakhlak mulia dan menjauhi akhlak tercela

B. Kompetensi Dasar

- Menjelaskan pengertian tawakal

- Menampilkan contoh perilaku tawakal

- Membiasakan perilaku tawakal dalam kehidupan sehari-hari

C. Indikator

- Siswa mampu menjelaskan pengertian tawakal

- Siswa mampu menunjukkan dalil tentang sikap tawakal

- Siswa mampu menyebutkan contoh perilaku tawakal

D. Tujuan Pembelajaran

- Siswa diharapkan dapat menjelaskan pengertian tawakal dengan metode tanya jawab yang dipandu oleh guru

- Dengan menirukan guru siswa mampu membaca dalil tentang tawakal

- Siswa dapat menunjukkan dalil tentang tawakal

- Siswa dapat menyebutkan contoh perilaku tawakal secara riil dengan cara game yang diberikan oleh guru

E. Materi Ajar

- Pengertian tawakal

- Contoh perilaku tawakal

(terlampir)

F. Metode Pembelajaran

- Diskusi/ Tanya Jawab

- Motivasi

- Penugasan

G. Media/Alat

- Buku ajar

H. Sumber Belajar

- Departemen Agama, Al-Qur’an dan terjemahan Q. S. al-Maidah:23

- Buku LKS SMP Pendidikan Agama Islam kelas VIII semester I

I. Inti

No.

Kegiatan

Waktu

Metode

1.

Intro/Pendahuluan

a. Guru mengecek kesiapan siswa, media, dan perlengkapan belajar kelas.

b. Guru mengucapkan salam dan siswa menjawab salam

c. Guru bersama-sama siswa memulai pelajaran dengan membaca basmalah.

d. Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari dan kompetensi dasar.

e. Guru menjelaskan langkah-langkah pembelajaran yang hendak dilaksanakan.

2 menit

1 menit

1 menit

2 menit

2 menit

Diskusi/ Tanya Jawab

2.

Kegiatan Inti

a. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang materi tawakal

b. Siswa mereview apa yang telah dijelaskan oleh guru tentang pengertian tawakal

c. Siswa dibentuk menjadi kelompok lalu mendiskusikan materi tentang contoh perilaku tawakal yang telah disampaikan guru

d. Siswa mengerjakan soal yang diberikan guru sebagai evaluasi mengenai materi yang telah disampaikan

e. Siswa dan guru menyimpulkan materi yang telah disampaikan dan didiskusikan

5 menit

5 menit

5 menit

3 menit

2 menit

Diskusi/ Tanya Jawab

Penugasan

3.

Penutup

a. Beberapa siswa diminta untuk menjelaskan kembali pengertian tawakal

b. Siswa mendengarkan pesan-pesan moral dari guru terkait dengan sikap tawakal

c. Guru menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah dan doa bersama.

5 menit

5 menit

2 menit

Motivasi

J. Penilaian

1. Tes lisan

a. Siswa diminta menjelaskan makna tawakal

b. Siswa diminta untuk membacakan dalil tentang tawakal

2. Tes tulis

a. Guru memberikan soal tertulis sesuai dengan kemampuan siswa. Soal dapat berupa esai atau opini

b. Guru memberikan soal evaluasi dalam bentuk soal pada akhir pembelajaran

c. Siswa diberikan tugas terkait dengan materi yang telah disampaikan

3. Tes perbuatan

a. Siswa dihimbau untuk dapat menerapkan sikap tawakal dalam fenomena kehidupan sehari-hari

b. Keaktifan dalam kegiatan belajar mengajar

Yogyakarta, 14 Juni 2011

Mengetahui,

Kepala Sekolah

Sadam Fajar Shodiq

NIM. 09410239

Guru PAI

Zizah Nurhana

NIM. 09410242

0 komentar:

Posting Komentar

Poll

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

About Me

Foto Saya
sadamcenter
hidup adalah perjuangan, tiada hari tanpa belajar dan bekarja keras
Lihat profil lengkapku

Pengikut

Mengenai Saya

Foto Saya
solo n jogja tok, jateng ae, Indonesia
hidup adalah perjuangan, tiada hari tanpa belajar dan bekarja keras

About

Powered By Blogger