UNSUR DASAR PENDIDIKAN
Unsur-unsur Dasar Pendidikan Pendidik
Pendidik
Tenaga professional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran.Tiap orang yang sengaja menpengaruhi orang lain untuk mencapai kedewasaan juga disebut sebagai pendidik-pendidik tidak hanya dalam lingkungan formal missal sekolah.Pada satuan pendidikan dasar dan menengah disebut guru dan yang mengajar pada pendidikan tinggi disebut dosen.
Kewajiban pendidik
Mendidik adalah tugas yang luhur, seorang pendidik harus mempunyai sifat sosial yang tinggi sehingga mampu menciptakan suasana pendidikan yang bermakna dan menyenangkan ,mampu menyesuiakan diri dan bersifat bijaksana yang dapat meningkatkan mutu pendidikan.
Standar pendidikan nasional
Kritera minimal tentang sistim pendidikan yang berlaku di seluruh wilayah Indonesia,standar pendidikan merupakan syarat kelayakan fisik maupun mental dalam suatu pendidikan.
Standar professional guru
a. Profesi merupakan suatu pekerjaan yang menuntut life skill dan tanggung jawab pada diri seseorang
b. Profesional merupakan suatu kinerja yang sesuai dengan profesi yang ditetapakn
c. Profesionalisme Derajat kinerja / kealhian yang dimiliki seseorang ,yang melakukan profesinya sesuai dengan standar yang ditentukan
d. Profesionalisasi proses dalam memfasilitasi seseorang untuk menjadi professional
Standar Guru
Guru harus memiliki kualifkasi akademikdan kompetensi sebagai agen pembelajaran.tuntutan ini dimiliki setiap pendidik untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.Seorang pendidik harus memiliki kualfikasi akademik pada tingkat pendidikan untuk memenuhi peraturan yang diberlakukan dalam perundang-undangan
Pada satuan pendidikaan dasar,menengah,dan PAUD, seorang pendidik yang sebagai agen pembelajaran mampu menguasai kompentensi yang dalam pendidikan :
Kompetensi pedagogic
Kompetensi kepribadian
Kompetensi professional
Kompetensi social
UNSUR DASAR PENDIDIKAN PENDIDIK
Pedagogik berfikir secara dewasa
Memahami landasan pendidikan
Memahami dan mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasikan potensinya
Mengembangkan kurikulum
Merencanakan dan melaksanakan pembelajaran
Merencanakan dan melaksanakan evaluasi pembalajaran
Kepribadian
Berakhlak mulia, arif, bijaksana, berwibawa, stabil, dewasa, jujur, menjadi teladan, mengevaluasi kinerja sendiri.
Social
Berkomunikasi lisan dan tulisan,menggunakan tekhnologi komunikasi dan informasi, bergaul secara efektif dan santun, semangat kebersamaan.
Professional
Konsep, struktur dan metode keilmuan yang menyatu dengan materi ajar.
Materi ajar sesuai kurikulum
Penerapan konsep-konsep keilmuan dalam kehidupan sehari-hari
Kompetisi secara profesional
Berkepribadian unggul, bersemangat juang tinggi, mandiri, pantang menyerah, inovatif dan menjadi agen perubahan, produktif, sadar mutu, pembelajaran hayat.
KUALIFIKASI PENDIDIK
1. pendidikan akademik minimal D-IV atau S1
2. latar belakang pendidikan sesuai dengan bidang dan tingkatan pendidikan (mulai usia dini sampai SMA )
3. sertifikasi guru PAUD, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK, SLB sesuai dengan tingkatan pendidikan.
Kualifikasi Pendidik pada Pendidikan Tinggi
1. lulusan D-IV atau sarjana S1 untuk program diploma
2. lulusan program magister (S2) untuk program sarjana (S1)
3. lulusan program doctor (S3) untuk program doctor (S3)
4. pendidik mata pelajaran agama memiliki kualifikasi minimum dan sertifikasi sesuai pasal 28 sampai 31
ASUMSI TENTANG PENDIDIK YANG EFEKTIF
Kepribadian
Metode mengajar yang baik yang ada dalam diri pendidik
Suasana interaksi pendidik dan peserta didik yang dibuat sedemikian rupa ileh pendidik
Professional
TIPE KINERJA GURU
Guru pendaki
Unggul dan Profesional, cirinya :
Komitmen, kreatif, inovatif dan produktif
Berorientasi sukses dan berani berkembang.
Guru biasa
Cirinya :
- Cepat puas,kreatifitas dan inovatif rendah
- Mengajar sekedar menggugurkan kewajiban
Guru pecundang
• Tidak ada komitmen dan tidak kompeten
Cirinya :
- Merasa sudah hebat,sombong dan meremehkan orang lain termasuk muridnya
- Bersikap keras untuk menutupi kelemahannya
- Tidak memiliki orientasi mutu dan kemajuan
FORMULA SUKSES
Kiat-kiat mencapai sukses
1 Mengajar dengan ikhlas
2 Memiliki kreaktifitas berfikir dan melakukan pembaruan terus menerus
3 Produktyitas membuat rencana dan menghasilkan karya yang bermanfaat
4 Memiliki kualitas yang tinggi
STANDAR LIFE SKILL
1 Menggunakan kepala untuk berfikir dalam mengelola pendidikan
2 Hati yang memiliki sikap peduli terhadap segala sesuatu yang ada disekitarnya terutama pendidikan
3 memiliki sebuah jati diri yang baik dan kesehatan diri
UNSUR –UNSUR DASAR PESERTA DIDIK
Konsep pembelajaran = konsep=suatu pengertian umun yang harus dibedakan degan persepsi.Peserta didik adalah individu yang memerlukan bimbingan pihak lain untuk mengembagkan potensi dan pembentukan kepribadian
Masalah peserta didik
Asal-usul kejadian manusia, tugas dan hidup manusia, implikasi pedagogis, konteks perkembangan manusia, prinsip dasar perkembangan manusia.
Asal dan kejadian manusia
Asal kejadian manusia terdiri dari dua unsure : jasmani dan ruh, yaitu manusia diciptakan Allah dari tanah, kemudian Allah meniupkan ruh padanya. Dan Allah memberinya pendengaran, penglihatan, dan hati.
Tugas dan tujuan hidup manusia
Manusia sebagai hamba Allah yaitu beribadah kepada-NYA, dan sebagai khalifah Allah, yaitu memakmurkan bumi. Tugas dan tujuan hidup itu merupakantujuan pendidikan.
Implikasi pedagogis
Manusia mampu menjadi hamba dan khalifah jika mempunyai pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki dan potensi yang dikembangkan melalui pendidikan.
Konteks perkembangan manusia
Lingkungan tempat peserta didik belajarsecara insedental (kadang-kadang) eksidantal (kebetulan) dan intensional (sengaja dan dikehendaki). Sedangkan sekolah dengan tempat belajar dengan program yang ditetapkan secara sistematis. Pendidikan, tempat peserta didik menghayati niali-nilai yang implisit dalam pengetahuan.
Pikiran tentang manusia
Manusia sebagai makhluk yang mulia,berfikir, memiliki dimensi jasmani, sifat luwes dan perkembangan manusia dipengaruhi oleh factor bawaan dan lingkungan.
UNSUR DASAR PENDIDIKAN KURIKULUM
Kinsep kurikulum
Kurikulum adalah serangkaian program pendidikan yang tersusun secara sisitematis untuk mencapai tujuan pendidikan, atau seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara pembelajaran untuk mencapai tujuan.
Kesatuan sistematik & interelasi kurikulum
1. Dimansi intruksi : kurikulum merupakan program yang meliputi materi dan metode pembelajaran yang kemudian mengadakan evaluasi
2. Dimensi filosofis : kurikulum terdari berbagi macam materi yang memiliki tujuan untuk mengembangkan pengetahuan, sikap, maupun ketrampilan dan kemudian mengadakan evaluasi.
Asas pengembangan kurikulum
1. asas filosofis
2. asas psikologis
3. asas sosiologis
4. asas organisatoris
pendekatan dalam pengembangan kurikulum
1. pendekatan subyek akademik
2. pendekatan humanistic
3. pendekatan tekhnologi
4. pendekatan rekontruksi sosial
problem pengembangan kurikulum
1. konseptualisasi tujuan pendidikan
2. sumber, ruang lingkup (skopa), dan sistematika urut-urutan (sekuens) materi pelajaran
3. efektifas metode pembelajaran
4. ketetapan evaluasi
konsep kompetisi
menggambarkan kompetisi yang akan dicapai melalui sebuah kurikulum, yaitu : lulusan yang memiliki ketrampilan, seperti pengetahuan kognitif, bahasa komunikasi, memiliki wawasan keislaman, akhlakul karimah, kepribadian baik, skill serta memiliki kemampua untuk berkarya.
Proses pengembangan kurikulum
1. merumuskan tujuan pendidikan
2. menyusun pengalaman belajar
3. mengelola pengalaman belajar
4. menilai pembelajaran
Kamis, 07 Juli 2011
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Poll
You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "
Labels
- BAHASA (1)
- BAHTSUL MASA’IL (1)
- BELAJAR DAN MEMORI (1)
- BERPIKIR (1)
- DAN INTELIGENSI (1)
- DASAR BIOLOGIS PERILAKU (1)
- Dasar moral (1)
- EMOSI DAN MOTIVASI (1)
- ETIKA BERTAMU (1)
- ETIKA DALAM ISLAM (1)
- Etika Orang yang Bertamu (1)
- filsafat (2)
- Good Governance dan Kebohongan publik (1)
- Hukum Islam di Era Orde Lama dan Orde Baru (1)
- Hukum Islam di Era Reformasi (1)
- Hukum Islam pada Masa Kemerdekaan (1945) (1)
- Hukum Islam pada Masa Pendudukan Jepang (1)
- Hukum Islam pada Masa Pra Penjajahan Belanda (1)
- inovasi pendidikan (1)
- konseptualisasi pendidikan (1)
- KURIKULUM (1)
- MANUSIA DAN KEBUDAYAAN (1)
- masail fiqh (1)
- obyek etika (1)
- OPERASI KECANTIKAN DAN PEMASANGAN KAWAT GIGI (1)
- PENDIDIKAN (8)
- pendidikan islam (2)
- PENDIDIKAN MORAL DALAM ISLAM (1)
- pendidikan multikultural (1)
- pengertian etika (1)
- PSIKOLOGI (1)
- SEJARAH DAN PERKEMBANGAN PSIKOLOGI (1)
- SEJARAH ISLAM (3)
- SENSASI DAN PERSEPSI (1)
- SISTEM ENDOKRIN (1)
- TATA KELOLA KEPEMERINTAHAN YANG BAIK DAN BERSIH (GOOD AND CLEAN GOVERNANCE) (1)
- TAUHID (2)
- tujuan moral (1)
- unsur dasar pendidikan (1)
- اللغة العربية (1)
About Me
- sadamcenter
- hidup adalah perjuangan, tiada hari tanpa belajar dan bekarja keras
Pengikut
Mengenai Saya
- sadamcenter
- solo n jogja tok, jateng ae, Indonesia
- hidup adalah perjuangan, tiada hari tanpa belajar dan bekarja keras
About
Bookmarks
Archive
-
▼
2011
(37)
-
▼
Juli
(36)
- hukum UNDIAN BERHADIAH & undian haji
- اللغة العربية ٢ لطلاب الجامعة
- Perbandingan antara Filsafat, Agama dan Ilmu Agama
- pendidikan islam
- Good Governance dan Kebohongan publik
- unsur dasar pendidikan
- konseptualisasi pendidikan
- inovasi pendidikan
- Ruang Lingkup Ilmu Ushul Fiqh(function() { var scr...
- TATA KELOLA KEPEMERINTAHAN YANG BAIK DAN BERSIH (G...
- SISTEM ENDOKRIN
- Aliran-Aliran Dalam Ushul Fiqh
- EMOSI DAN MOTIVASI
- BERPIKIR , BAHASA, DAN INTELIGENSI
- BELAJAR DAN MEMORI
- SENSASI DAN PERSEPSI
- DASAR BIOLOGIS PERILAKU
- SEJARAH DAN PERKEMBANGAN PSIKOLOGI
- PENDIDIKAN MORAL DALAM ISLAM
- ETIKA DALAM ISLAM
- Dasar moral
- tujuan moral
- obyek etika
- pengertian etika
- akhlak bertamu
- Etika Orang yang Bertamu
- BAHTSUL MASA’IL
- Hukum Islam di Era Reformasi
- Hukum Islam di Era Orde Lama dan Orde Baru
- Hukum Islam pada Masa Kemerdekaan (1945)
- Hukum Islam pada Masa Pendudukan Jepang
- Hukum Islam pada Masa Pra Penjajahan Belanda
- MANUSIA DAN KEBUDAYAAN
- OPERASI KECANTIKAN DAN PEMASANGAN KAWAT GIGI
- PENDIDIKAN MULTIKULTURAL
- RPP
-
▼
Juli
(36)
Categories
- BAHASA (1)
- BAHTSUL MASA’IL (1)
- BELAJAR DAN MEMORI (1)
- BERPIKIR (1)
- DAN INTELIGENSI (1)
- DASAR BIOLOGIS PERILAKU (1)
- Dasar moral (1)
- EMOSI DAN MOTIVASI (1)
- ETIKA BERTAMU (1)
- ETIKA DALAM ISLAM (1)
- Etika Orang yang Bertamu (1)
- filsafat (2)
- Good Governance dan Kebohongan publik (1)
- Hukum Islam di Era Orde Lama dan Orde Baru (1)
- Hukum Islam di Era Reformasi (1)
- Hukum Islam pada Masa Kemerdekaan (1945) (1)
- Hukum Islam pada Masa Pendudukan Jepang (1)
- Hukum Islam pada Masa Pra Penjajahan Belanda (1)
- inovasi pendidikan (1)
- konseptualisasi pendidikan (1)
- KURIKULUM (1)
- MANUSIA DAN KEBUDAYAAN (1)
- masail fiqh (1)
- obyek etika (1)
- OPERASI KECANTIKAN DAN PEMASANGAN KAWAT GIGI (1)
- PENDIDIKAN (8)
- pendidikan islam (2)
- PENDIDIKAN MORAL DALAM ISLAM (1)
- pendidikan multikultural (1)
- pengertian etika (1)
- PSIKOLOGI (1)
- SEJARAH DAN PERKEMBANGAN PSIKOLOGI (1)
- SEJARAH ISLAM (3)
- SENSASI DAN PERSEPSI (1)
- SISTEM ENDOKRIN (1)
- TATA KELOLA KEPEMERINTAHAN YANG BAIK DAN BERSIH (GOOD AND CLEAN GOVERNANCE) (1)
- TAUHID (2)
- tujuan moral (1)
- unsur dasar pendidikan (1)
- اللغة العربية (1)
Labels
- BAHASA (1)
- BAHTSUL MASA’IL (1)
- BELAJAR DAN MEMORI (1)
- BERPIKIR (1)
- DAN INTELIGENSI (1)
- DASAR BIOLOGIS PERILAKU (1)
- Dasar moral (1)
- EMOSI DAN MOTIVASI (1)
- ETIKA BERTAMU (1)
- ETIKA DALAM ISLAM (1)
- Etika Orang yang Bertamu (1)
- filsafat (2)
- Good Governance dan Kebohongan publik (1)
- Hukum Islam di Era Orde Lama dan Orde Baru (1)
- Hukum Islam di Era Reformasi (1)
- Hukum Islam pada Masa Kemerdekaan (1945) (1)
- Hukum Islam pada Masa Pendudukan Jepang (1)
- Hukum Islam pada Masa Pra Penjajahan Belanda (1)
- inovasi pendidikan (1)
- konseptualisasi pendidikan (1)
- KURIKULUM (1)
- MANUSIA DAN KEBUDAYAAN (1)
- masail fiqh (1)
- obyek etika (1)
- OPERASI KECANTIKAN DAN PEMASANGAN KAWAT GIGI (1)
- PENDIDIKAN (8)
- pendidikan islam (2)
- PENDIDIKAN MORAL DALAM ISLAM (1)
- pendidikan multikultural (1)
- pengertian etika (1)
- PSIKOLOGI (1)
- SEJARAH DAN PERKEMBANGAN PSIKOLOGI (1)
- SEJARAH ISLAM (3)
- SENSASI DAN PERSEPSI (1)
- SISTEM ENDOKRIN (1)
- TATA KELOLA KEPEMERINTAHAN YANG BAIK DAN BERSIH (GOOD AND CLEAN GOVERNANCE) (1)
- TAUHID (2)
- tujuan moral (1)
- unsur dasar pendidikan (1)
- اللغة العربية (1)
0 komentar:
Posting Komentar